Home
Mengapa AKUBANK

Mengapa AKUBANK

2Saat ini, kebutuhan akan tenaga profesional di bidang keuangan dan perbankan terus mengalami peningkatan pesat, bahkan menjadi salah satu dari 6 profesi yang paling di cari di era Masyarakat Ekonomi Asean saat ini. Namun jumlah tenaga terampil yang tersedia justru terbatas :

  • Data Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) menyebutkan bahwa secara keseluruhan, jumlah akuntan yang terdaftar adalah sekitar 40.000, sementara jumlah akuntan publik hanya 1.000 orang. Jika dibandingkan dengan jumlah penduduk Indonesia yang 250 juta maka perbandingannya 1:250.000. Perbandingan di Malaysia dan Singapura masing-masing adalah 1:23.000 dan 1:5.000
  • Diperkirakan Instansi pemerintahan se Indonesia masih kekurangan tenaga akuntan hingga 25 ribu orang.
  • Data perusahaan lembaga keuangan non bank terus meningkat, Saat ini terdapat 608 perusahaan industri keuangan non bank yang terdiri dari 200 perusahaan pembiayaan, 100 perusahaan asuransi dan reasuransi dan 308 dana pensiun
  • Menurut BI saat ini terdapat 120 Bank di Indonesia baik BUMN dan BUMD
  • Diperkirakan saat ini Lembaga keuangan menengah berjumlah sekitar 567 ribu sampai 600 ribu unit. Jumlah ini menunjukkan bahwa lembaga keuangan ini terus dibutuhkan masyarakat
  • Sementara kebutuhan SDM di Perbankan Syariah rata-rata 11.000 orang per tahun, baru bisa dipasok sebesar 3.750 orang / tahun saat ini

Itulah sebabnya AKUBANK berdiri, berorientasi pada lulusan kerja yang dapat berkarir di bidang keuangan dan perbankan.

 

Inilah Alasannya, Mengapa AKUBANK menjadi pilihan tepat untuk memulai karir

  • Program kuliah cepat selesai, hanya 1 dan 2 tahun
    AKUBANK adalah lembaga pendidikan vokasional, dengan pembelajaran yang aplikatif dengan materi praktikum. Di susun untuk program 1 dan 2 tahun masa kuliah, sehingga lulusannya siap dan cepat kerja.
  • Memiliki program Mini Bank dengan core banking sesungguhnya yang di support oleh BPR Lestari
    AKUBANK akan menjadi lembaga pendidikan pertama dan satu-satunya yang memiliki fasilitas MINI Bank, yakni ruang simulasi bank untuk pelatihan perbankan meliputi teller, CSO dan back office sehingga mahasiswa bisa merasakan kondisi sesungguhnya dari proses transaksi dan kalkulasi dalam dunia kerja di perbankan. Program MINI Bank ini di support oleh BPR Lestari, BPR yang saat ini nomer 3 terbesar nasional dari sisi aset, menggunakan sistem core banking yang sesungguhnya sebagaimana digunakan pada kebanyakan bank.
  • Mengenalkan materi standar pelaporan keuangan internasional
    Yakni prinsip dasar yang digunakan dalam penyusunan laporan keuangan dan akuntansi secara internasional. Dengan berlakunya AEC [Asean Economic Community], maka penggunaan IFRS menjadi sangat penting bagi para akuntan atau mereka yang hendak meniti karir di dunia keuangan dan perbankan.
  • Filosofi belajar yang diperkenalkan membentuk 3 faktor sukses SDM saat ini
    Kecakapan Hidup (Life Skills), Pengetahuan Keuangan (Financial Literacy) dan Professional yang diterjemahkan dalam berbagai program-programnya, seperti pelatihan Public Speaking, Leadership, Entrepreneurial, Komunikasi Efektif, Service Excellent, Grooming (Professional Image) dan lain-lain. Dan semua program tersebut bersertifikasi
  • Menjadi satu-satunya lembaga vokasional yang memiliki sarana dan prasarana dalam bidang keuangan dan perbankan terlengkap
    Fokus dan konsentrasi dalam bidang keuangan dan perbankan, sehingga memiliki fasilitas Auditorium Class dan Laboratorium Mini Bank (Simulasi Perbankan) dan Simulasi Pasar Modal.
  • Memiliki Student Club yang menunjang kompetensi mahasiswa.
    Ada empat Student Club (Unit Kegiatan Mahasiswa) di AKUBANK, yakni Investor Club, Journalist Club, Sport and Entertainment Club serta Pecinta Alam. Semua ini merupakan bagian dari berkembangnya Social Skills para mahasiswanya melalui kegiatan-kegiatan kemahasiswaan yang produktif.
  • Mata Kuliah Bahasa Inggris, menekankan pada
    Karena kebutuhan akan kemampuan bahasa Inggris yang tinggi, maka mahasiswa AKUBANK dibekali dengan pembelajaran bahasa internasional ini secara rutin dan berkala hampir di semua semester. Dimana penekanan pembelajarannya adalah di kemampuan berkomunikasi khususnya terkait dengan bisnis.
  • Ruang Perkuliahan yang nyaman
    Maksimal 30 orang per kelas dan menggunakan meja, sehingga mahasiswa bisa menempatkan buku, laptop dan melakukan pencatatan yang lebih nyaman dibandingkan dengan kursi lipat. Dan memiliki LCD Proyektor dan fasilitas interaktif penunjang lainnya, Dengan teknologi ini, maka ruang kelas dan proses belajar mengajar semakin menyenangkan.
  • Career Center
    Adalah unit kelembagaan untuk konsultasi pilihan karir dan memberikan informasi dan peluang kerja ke perusahaan-perusahaan yang membutuhkan.
  • Program Kerjasama
    AKUBANK telah bekerjasama dengan lebih dari 20 instansi, baik swasta maupun BUMN, baik untuk penyaluran tenaga kerja, program pengembangan karir maupun internship.
  • Dosen profesional dan terlatih yang bersertifikasi
    Dosen dan tenaga pengajar di AKUBANK, merupakan praktisi dan akademisi. Mulai dari komisaris dan Direktur Bank, Pemilik Koperasi, Pendiri Kantor Akuntan Publik, Konsultan Pajak Terdaftar ataupun dosen-dosen dari kampus-kampus bergengsi. Dan sebagian besar pengajar di AKUBANK, telah bersertifikasi dari Badan Nasional Sertifikasi Kompetensi (BNSP)
  • Mendapatkan program sertifikasi Brevet A dan B
    Mahasiswa AKUBANK mendapatkan pelatihan sertifikasi kompetensi untuk Brevet A (ilmu perpajakan untuk orang pribadi) dan Brevet B (ilmu perpajakan untuk perusahaan badan), dimana kedua sertifikasi ini sangat penting untuk menunjang kompetensi kerja lulusan.
  • Biaya terjangkau dan lebih efisien
    Biaya kuliah di AKUNBANK sangat terjangkau, bahkan bisa diyarakan bertahap setiap bulan.

Inilah alasannya, mengapa 100% lulusan AKUBANK telah bekerja. AKUBANK adalah tempat tepat untuk memulai karir kita sebagai profesional dan eksekutif yang terampil di era industri kreatif saat ini.