Home
SCAT 2019 DAN MISI “TO CREATE ACCOUNTING LOVERS IN MILLENIALS”
scat 1

SCAT 2019 DAN MISI “TO CREATE ACCOUNTING LOVERS IN MILLENIALS”

Pada hari Sabtu, 9 Februari 2019 AKUBANK mengadakan lomba Akuntansi yang bergengsi bagi pelajar SMA/SMK se-Bali. Student Competition Accounting Talent (SCAT) 2019 diikuti oleh 155 orang siswa yang terdiri dari siswa kelas XI dan XII. AKUBANK bermaksud mengajak para siswa/i  untuk mengasah kemampuan mereka dalam bidang akuntansi lewat lomba ini. SCAT ini diharapkan mampu memperluas wawasan dan menambah pengalaman mereka demi sukses di masa depan.

Ada yang berbeda dengan pelaksanaan SCAT tahun ini yaitu para juara terdiri dari 2 kategori. Juara dari kategori SMA terdiri dari jura I – III, begitu juga juara dari kategori SMK. Alasannya adalah karena antara pelajar SMA dengan SMK memperoleh pelajaran akuntansi yang berbeda dari sisi materi. Para juri beserta panitia berharap adanya fairness bagi semua peserta dari sisi jenis soal yang dilombakan. Sehingga, jumlah juara SCAT pun bertambah pada tahun ini menjadi total 6 orang. Hal ini mampu meningkatkan kemeriahan lomba SCAT dan menjadi motivasi tersendiri untuk semua siswa/i yang berkompetisi.

Kaprodi AKUBANK, I.G.A. Fina Kaska, M.M., pada kesempatan tersebut menyampaikan melalui kegiatan SCAT ini, kampus AKUBANK diharapkan semakin dikenal oleh masyarakat khususnya bagi siswa SMA dan SMK yang sebentar lagi akan melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. “Tujuan besar kegiatan ini adalah kami ingin melatih mahasiswa untuk meng-create suatu kegiatan mulai dari mencari sponsor, peserta dan yang lainnya,” ujarnya. Ibu Fina juga menuturkan melalui acara seperti ini, siswa SMA dan SMK akan semakin terlatih keberaniannya, mulai berani mengikuti lomba, berani bersaing dengan rekan-rekannya serta sampai akhirnya memiliki jiwa besar untuk berani menerima kekalahan ketika dirinya tidak memenangkan lomba tersebut.

Sementara itu Ketua Panitia SCAT 2019, Ni Putu Winda Sari, dalam acara tersebut menambahkan bahwa melalui kegiatan ini, dirinya berharap agar generasi milenial dapat semakin mencintai akuntansi. “Para pemenang dibagi menjadi dua kategori, yakni juara dari SMA dan juara dari SMK. Juara satu mendapatkan uang tunai sebesar Rp 1,5 juta, juara dua mendapatkan uang tunai Rp 1 juta, dan juara tiga mendapatkan uang tunai sebesar Rp 500 ribu,” ungkapnya.

scat 2

scat 3

Para juara lomba SCAT 2019 ini berhak memperoleh hadiah uang tunai jutaan Rupiah yang dipersembahkan oleh BPR Lestari, tabungan emas dari PT Pegadaian (Persero), beasiswa kuliah di Akubank dari AP. Chandra Scholarship, merchandise keren dari sponsor, piala dan sertifikat.  Selain hadiah untuk para juara, SCAT 2019  berisi beragam hiburan, games berhadiah dan juga yang ditunggu-tunggu adalah pengundian Door Prise sebuah Smartphone keren. Semua peserta pun mendapat makan siang serta sertifikat.

Kegiatan SCAT 2019 didukung penuh oleh pihak sponsor yaitu BPR Lestari, PT Pegadaian (Persero), Primagama Teuku Umar Denpasar, Togamas Hayam Wuruk Denpasar, Money & I Magazine, Tribun Bali, dan Phoenix Radio Bali. Akubank bersama pihak sponsor SCAT 2019 begitu antusias mendukung terselenggaranya kegiatan lomba ini karena berharap generasi milenials menjadi semakin mengerti pentingnya memiliki kemampuan mengatur keuangan (Financial Literacy) mengingat kemampuan ini sering diabaikan padahal sangat menentukan sukses mereka secara finansial pada saat berkarir nanti. Hal ini sejalan dengan misi panitia pelaksana SCAT 2019 yaitu To Create Accounting Lovers in Millenials  dimana Akuntansi sebagai ilmu yang mempelajari kemampuan mengelola keuangan dan pencatatannya.

scat 4

Leave a Comment

*

*