Home
Kerja sambil kuliah? Yuk bisa yuk!

Kerja sambil kuliah? Yuk bisa yuk!

Mengikuti perkuliahan saja mungkin sudah terasa sulit, lalu ditambah dengan bekerja? Jika gagal mengatur waktu antara keduanya, bisa-bisa kuliah terbengkalai dan bekerjapun menjadi tidak optimal. Tentu pada awalnya itu bukanlah hal yang mudah untuk dijalani. Namun ada beberapa alasan yang akhirnya mengharuskan untuk menjalani keduanya bersamaan. Lalu bagaimana tips & trick agar kuliah dan bekerja bisa seperti sepasang kekasih yang saling mendukung? Yuk intip tipsnya!

  1. Tentukan Prioritas

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah menentukan prioritas. Manakah yang saat ini harus didahulukan? Urusan pekerjaan atau kuliah? Karena masing-masing individu memiliki prioritasnya tersendiri yang tidak dapat dibandingkan dengan orang lain. Apabila kalian bekerja di hari kerja dan office hours, maka kalian bisa memilih perkuliahan di jam karyawan atau kuliah Sabtu-Minggu. Apabila kalian memilih perkuliahan, kalian bisa memilih pekerjaan yang tidak terlalu terikat (freelance). Namun apabila kalian dihadapkan pada urusan pekerjaan dan perkuliahan di waktu yang bersamaan, pilih mana yg urgent dan penting untuk lebih dulu diselesaikan.

2. Komunikasikan dengan atasan

Ketika akhirnya memilih bekerja sambil kuliah, akan lebih baik jika atasan mengetahui hal tersebut dan meminta masukannya. Beritahu apa yang menjadi alasanmu memutuskan menjalani keduanya berkomitmen akan menjalaninya dengan sebaik-baiknya serta bertanggung jawab atas keduanya. Hal tersebut karena saat menjalani perkuliahan, akan ada masa dimana kita meminta ijin kepada atasan seperti misalnya menjalani sidang akhir. Dengan demikian, semoga atasan bisa memahaminya.

3. Bertanggung jawab

Saat kita akhirnya memutuskan untuk bekerja sambil kuliah, di saat itu pula kita seharusnya sudah mengetahui apa yang kira-kira menjadi challenge dan konsekuensi yang akan dihadapi. Apapun itu, setidaknya kita memiliki rasa tanggung jawab atas apa yang kita kerjakan & jalani. Jangan sampai terlambat berkali-kali saat kuliah atau urusan pekerjaan tertunda melewati deadline.

4. Ingatlah Kembali Alasanmu Memilih Pilihan Ini

Menjalani peran sebagai mahasiswa dan pekerja tentu bukanlah hal yang mudah. Ada saatnya dimana kita merasa Lelah dan penat menjalaninya. Take a break. Istirahatkan badan dan pikiranmu sebentar. Mungkin hang out dengan teman-teman, berkumpul bersama keluarga atau sekedar nonton acara kesukaan ditemani cemilan. Setelahnya, ingatlah kembali alasan kita memilih menjadi fighter. Entah karena ingin menjadi pribadi yang Tangguh, membanggakan Ayah dan Ibu di rumah, membantu adik-adik mendapat masa depan yang lebih baik, ingin mengangkat derajat keluarga, menjadi seorang professional atau hal lainnya.

Tapi untuk menjalani keduanya kerja sambil kuliah, balik lagi dengan situasi dan kondisimu ya. Jangan sampai keduanya keteteran. Semangat dan berdoa semoga impianmu bisa terwujud dan diberi kemudahan menjalaninya 😊

Leave a Comment

*

*