Home
Workshop Perencanaan Keuangan dan Eksibisi Komunitas Meriahkan Entrepreneur Festival 2015

Workshop Perencanaan Keuangan dan Eksibisi Komunitas Meriahkan Entrepreneur Festival 2015

Untuk kedua kalinya BPR Lestari bekerjasama dengan Majalah Money & I dan Sekolah Akuntansi & Perbankan (AKUBANK) menyelenggarakan sebuah pesta kewirausahaan bertajuk Entrepreneur Festival (EF). Bertempat di Balai Pertemuan Bhumiku Denpasar, Entrepreneur Festival 2015 dihadiri oleh ratusan praktisi bisnis, pelaku usaha baik dari korporasi besar hingga UMKM, investor, dan profesional muda.

Berbeda dengan penyelenggaraan tahun sebelumnya yang mengangkat tema perencanaan dan pengembangan bisnis yang berkelanjutan, Entrepreneur Festival 2015 justru mengambil tema seputar perencanaan keuangan. “To Make Money is One Thing, To Keep Money and Make Money Work For You is Another Thing” menjadi tajuk besar acara yang digelar pada Sabtu, 28 Maret 2015 lalu ini.

“Banyak orang yang setelah bisnisnya sukses dan menghasilkan banyak pundi-pundi rupiah, tapi kemudian tidak mampu mengelola keuangan dengan baik dan benar. Ujung-ujungnya enggak kaya raya. Oleh karena itu, Entrepreneur Festival ingin mengangkat topik tersebut dan mengedukasi para pebisnis maupun karyawan tentang bagaimana perencanaan keuangan itu sesungguhnya,” papar Arif Rahman, selaku Ketua Panitia EF 2015.

IMG_5293Safir Senduk, praktisi perencana keuangan yang terkenal dengan bukunyaBuka Usaha Nggak Kaya? Percuma..!didaulat sebagai pembicara utama. “Kekayaan seseorang diukur dari seberapa banyak dan pintarnya ia berivestasi,” katanya di hadapan para penonton Entrepreneur Festival 2015, ketika ia membawakan sesi financial planning. Safir Senduk juga menambahkan bahwa karakter pribadi seseorang sangat mempengaruhi cara ia mengatur keuangan. Kendalikan gaya hidup dan fokus pada investasi yang diinginkan adalah salah satu kunci kesuksesan perencanaan keuangan.

Di sesi workshop perencanaan keuangan, Alex P Chandra juga ikut membagi tips dan trik tentang cara berinvestasi yang benar. Bagi Chairman BPR Lestari ini, ada empat hal yang menentukan kesuksesan investasi seseorang, yakni  consistency, tap into the amazing power of compounding, save more, dan asset allocation.“Kaya itu sama dengan ketika hasil investasi lebih besar daripada biaya hidup kita,” serunya.

 

Penghargaan dan Eksibisi Komunitas

Satu hal yang menjadi pembeda di ajang EF kali ini adalah adanya partisipasi dari komunitas kreatif Denpasar. Terdapat delapan komunitas kreatif yang memamerkan karya dan aktivitasnya. Mulai dari Cosplay, Stand Up Comedy Bali, komunitas pencinta dan pembuat komik Comicotopia, pencinta seni papercraft PERI Bali, Ubud Writers & Readers Festival, pencinta Hot Wheels, Urban Sketchers Bali, hingga komunitas penggemar kamera analog SUKU ANALOG turut menggelar eksibisi fotonya di EF 2015.

Melanjutkan tradisi di tahun sebelumnya, Entrepreneur Festival 2015 juga memberikan semacam apresiasi atau penghargaan khusus bertajuk M&I Awards kepada beberapa wirausahawan terpilih yang mampu menjadilocal champion, baik di tingkat nasional maupun Internasional. Ada empat kategori yang diperebutkan, yakni The Rookie of The Year, Wonder Woman of The Year, Technopreneur of The Year, dan Lestari Entrepreneur of The Year. “Wirausahawan yang berhasil masuk sebagai nominee adalah mereka yang profilnya pernah diangkat oleh majalah BPR Lestari, Money & I Magazine,” terang Alex P Chandra.

IMG_4884

Untuk nominee di kategori The Rookie yang notabene penghargaan khusus untuk wirausahawan muda diisi oleh nama-nama segar, seperti Agung Istri Sari Dewi, Christian Bagus, Ayu Mellyta, dan Windu Segara Senet. Penghargaan The Rookie pun berhasil diraih oleh Windu Segara Senet lewat usaha Mangsi Coffee-nya. Sementara untuk Wonder Woman yang diunggulkan adalah Shinta Chrisna, Bintang Mira, Rani Rai, IGAA Inda Trimafo Yudha, dan Swandewi. Nama Bintang Mira lewat usaha Balibatiku keluar sebagai pemenang kategori Wonder Woman. Sementara untuk kategori Technopreneur terdapat nama I Made Artana, Hendra W Saputro, Wahya Biantara, dan Agung Oka Sudarsana. I Made Artana, founder STMIK Primakara ini pun berhasil meraih pemenang di kategori tersebut.

Lestari Entrepreneur of The Year adalah penghargaan tertinggi dari BPR Lestari untuk entrepreneur paling berprestasi. Dari nama-nama nominee seperti Sabbatha Rahzuardi, Jango Pramarta, Reno Nirmala, I Wayan Tuges, Anom Wijaya Darsana, dan Mardi Sumitro. Walikota Denpasar IB Rai Dharma Wijaya Mantra yang turut hadir di gelaran EF pun mengumumkan nama Jango Pramartha lewat usaha Bog-bog Magazine lah yang keluar sebagai pemenang utamanya.

Entrepreneur Festival 2015 juga memberikan penghargaan khusus untuk tokoh Bali yang mampu menginspirasi dan sukses berkiprah baik di skala nasional maupun Internasional. Penghargaan bertajuk The Icon tersebut diberikan kepada gitaris I Wayan Balawan. Selain hadir untuk menerima penghargaan, I Wayan Balawan juga turut memeriahkan EF lewat permainan gitar jazzy-nya yang spektakuler.

 

Leave a Comment

*

*